10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan

Di Indonesia bulu tangkis merupakan olahraga permainan yang populer. Bulu tangkis atau badminton sama dengan jenis olahraga lain yang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Dalam artikel ini akan diinformasikan manfaat bulu tangkis untuk Kesehatan.

10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan
10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan

Di Indonesia bulu tangkis merupakan olahraga permainan yang populer. Bulu tangkis atau badminton sama dengan jenis olahraga lain yang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Dalam artikel ini akan diinformasikan manfaat bulu tangkis untuk Kesehatan.

Badminton termasuk olahraga permainan yang melibatkan seluruh anggota tubuh bergerak. Selama permainan berlangsung memungkinkan kamu untuk aktif bergerak.  Bermain bulu tangkis memberikan beragam manfaat kesehatan fisik ataupun mental yang sayang dilewatkan.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut 10 manfaat olahraga bulu tangkis untuk kesehatan.

1. Mengurangi Penumpukan Lemak Tubuh

Badminton termasuk olahraga yang mampu mengurangi penumpukan lemak tubuh jika dilakukan secara teratur. Penumpukan lemak tubuh sendiri kerap kali dihubungkan dengan berkaitan dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko yang bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantungdegeneratif.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa adanya kecenderungan lemak tubuh yang rendah dan bentuk tubuh ideal pada pemain badminton, baik pria maupun wanita. Nah, karena manfaat menurunkan lemak inilah membuat beberapa wanita menjadikan badminton sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan.

Penurunan lemak tubuh ini bisa menjadi manfaat olahraga badminton untuk wanita yang sayang untuk kamu lewatkan.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh

2. Memperbaiki Fungsi Metabolik Tubuh

Secara umum, olahraga teratur dapat meningkatkan dan memperbaiki fungsi metabolik tubuh, tak terkecuali bulu tangkis. Bermain bulu tangkis dapat meningkatkan kualitas fisik termasuk melancarkan memperlancar aliran darah, meningkatkan fungsi organ tubuh dan kapasitas vital sehingga mampu meningkatkan fungsi metabolisme secara keseluruhan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Aktif bergerak selama olahraga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan tulang dan otot. Sebuah penelitian menyatakan bahwa bermain badminton secara teratur mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang yang sangat baik bagi berdampak pada kesehatan tulang.

Lantas, adakah manfaat badminton untuk tinggi badan? Ada banyak hal yang memengaruhi tinggi badan seseorang, termasuk genetik. Hingga kini belum ada penelitian yang secara langsung menyatakan bahwa bermain bulu tangkis bisa membuat badan lebih tinggi.

Selain tulang, bermain bulu tangkis juga diketahui memiliki manfaat meningkatkan kekuatan otot.  Ini berkaitan dengan kelincahan (agility) pada permainan badminton yang dikaitkan dengan kekuatan otot tungkai bawah.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Kualitas tidur yang baik berkaitan dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Olahraga diketahui mampu membuat kualitas tidur lebih baik.  Bulu tangkis bisa menjadi olahraga menyenangkan sekaligus menyehatkan yang bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Melatih Keseimbangan, Kelincahan, dan Fokus

Teknik bermain bulu tangkis yang melibatkan semua anggota gerak, strategi, dan kecepatan mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, serta fokus pemain.  Ini berkaitan dengan bagaimana pemain bulu tangkis mampu mempertahankan dan mengendalikan permainan dengan mempercepat, memperlambat, dan mengubah arah, serta fokus pada strategi permainan.

Baca Juga: Jaga Kebugaran Tubuh Walau Hanya di Rumah, Lakukan 4 Macam Olahraga Ini

6. Meningkatkan Hubungan Sosial

Bulu tangkis merupakan olahraga yang membutuhkan lawan dalam permainannya. Tak jarang, badminton juga bisa dilakukan secara beregu. Itu sebabnya, badminton juga bisa Bermain badminton bisa meningkatkan hubungan sosial kamu dengan lawan, pelatih, atau teman satu regu.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Endorfin atau hormon kebahagiaan akan muncul selama kamu berolahraga, termasuk saat bermain bulu tangkis. Ini bisa suasana hati dan mengurangi stres sehingga berdampak positif pada kesehatan mental.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang kompleks karena melibatkan berbagai gerakan, seperti mengayunkan raket, melompat, dan tuntutan kognitif seperti strategi dan pukulan yang tepat. Jenis latihan kompleks secara teratur seperti bulu tangkis, diketahui mampu meningkatkan fungsi otak serta mencegah penurunan fungsi kognitif dan demensia.

9. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa latihan badminton secara teratur selama 3 bulan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).  Kadar HDL yang lebih tinggi ini telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler lainnya.

10. Mencegah Penyakit Kronis

Olahraga secara teratur, termasuk bermain bulu tangkis mampu menurunkan berbagai risiko gangguan kesehatan, termasuk penyakit kronis. Selain mampu meningkatkan kadar kolesterol baik, bermain bulu tangkis juga maempu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dengan mengurangi tekanan pada pembuluh darah arteri rata-rata selama satu siklus jantung (mean arterial pressure) hingga menjaga tekanan darah normal.