Mau DIet Tidak Sia-sia, Ini 5 Tips Kontrol Nafsu Makan

Adakah dari kalian yang menginginkan badan ideal dengan cara diet yang tanpa rasa lapar?

Mau DIet Tidak Sia-sia, Ini 5 Tips Kontrol Nafsu Makan
Ini 5 Tips Kontrol Nafsu Makan

MPOTIMES - Apakah niat Diet Anda sering gagal karena rasa lapar yang tidak bisa Anda kendalikan? Adakah dari kalian yang menginginkan badan ideal dengan cara diet yang tanpa rasa lapar? Apakah Anda pikir Anda tidak bisa melakukan diet?

Tenang, ternyata diet itu tidak terlalu sulit. Anda tetap bisa menurunkan berat badan dengan selalu merasa kenyang. Bagaimana? Yuk simak artikel dibawah ini!

Berolahraga Secara Teratur

5 Tips Kontrol Nafsu Makan (Foto Dok: Istimewa)

Olahraga Memiliki banyak efek positif. Olahraga dapat mengurangi aktivitas otak yang terkait dengan mengidam makanan, lapor Healthline. Aktivitas ini juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar hormon lapar, yang mengurangi keinginan untuk makan.

Perhatikan Kualitas Tidur

5 Tips Kontrol Nafsu Makan (Foto Dok: Istimewa)

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap hari untuk tetap sehat dan memiliki energi yang cukup untuk melanjutkan aktivitas. Tidak hanya itu, tidur yang cukup juga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang termasuk dalam Healthline, orang yang tidak cukup tidur cenderung memiliki nafsu makan yang meningkat dan makan lebih banyak kalori. Akibatnya, kadar ghrelin, hormon perangsang nafsu makan, meningkat. Di sisi lain, tingkat ghrelin, hormon yang menekan nafsu makan, menurun.

Tidak hanya waktu tidur yang penting, tetapi juga penting untuk menyadari kualitas tidur Anda. Pastikan Anda tidur dalam gelap untuk mempercepat proses metabolisme tubuh Anda.

Makan Protein dan Lemak Sesuai Kebutuhan

5 Tips Kontrol Nafsu Makan (Foto Dok: Istimewa)

Dengan menyeimbangkan protein yang masuk ke dalam tubuh, Anda dapat mengontrol nafsu makan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan zat tersebut membuat metabolisme tubuh berfungsi secara optimal.

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed Central menemukan bahwa orang yang sarapan dengan telur (yang jelas mengandung protein dan lemak) kehilangan berat badan 65 persen lebih banyak daripada mereka yang sarapan dengan roti. Keduanya kurang dari 1.000 kalori.

Orang yang sarapan dengan telur menjadi lebih kenyang, sehingga mereka mengurangi makan siangnya. Ini adalah efek dari makan protein dan lemak yang seimbang.

Jangan Makan Terburu-buru

5 Tips Kontrol Nafsu Makan (Foto Dok: Istimewa)

Menurut laporan Healthline, orang yang makan makanan cepat saji membakar 10% lebih banyak kalori daripada mereka yang makan perlahan dan merasa kurang kenyang. mengapa demikian?

Makan perlahan dapat memberi pikiran dan tubuh Anda lebih banyak waktu untuk melepaskan "hormon pelawan rasa lapar" dan mengirimkan "sinyal penuh". Untuk alasan ini, makan terburu-buru dapat merusak keberhasilan operasi.

Konsumsi Air Mineral Sebelum Makan

5 Tips Kontrol Nafsu Makan (Foto Dok: Istimewa)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Nutrition, mereka yang minum 568 mililiter air mineral sebelum makan mengonsumsi sekitar 1967 kJ makanan. Sebaliknya, seseorang yang tidak minum air sama sekali akan mengkonsumsi sekitar 2.551 kJ.

Dari data di atas, jelas bahwa minum air putih dapat mengurangi kalori dalam makanan. Ini memudahkan proses diet karena air menciptakan perasaan kenyang yang sama seperti makan dalam jumlah kecil. Selain itu, pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Dengan cara ini, tubuh Anda tidak akan "panik" dan mengirimkan sinyal lapar palsu yang dapat merusak diet Anda.

MPOTIMES telah menemukan bahwa ada banyak cara untuk mendukung keberhasilan diet anda. Agar lebih efektif, Anda juga bisa mencari bantuan dari orang-orang terdekat Anda untuk menstabilkan atau lebih konsisten lagi untuk diet dan jangan lupa baca artikel lainnya tentang kesehatan hanya di MPOTIMES.