5 Manfaat Gandum bagi Kesehatan

Gandum merupakan salah satu tanaman serealia paling tua yang sering dijadikan sebagai bahan makanan. Gandum sering dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena nutrisi karbohidrat dan seratnya yang tinggi. Gandum tidak hanya menjadi sumber energi, namun segudang khasiat bagi tubuh juga ada pada gandum. Normalnya, gandum mentah memiliki kandungan berbagai zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

5 Manfaat Gandum bagi Kesehatan
5 Manfaat Gandum bagi Kesehatan

Gandum merupakan salah satu tanaman serealia paling tua yang sering dijadikan sebagai bahan makanan. Gandum sering dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena nutrisi karbohidrat dan seratnya yang tinggi. Gandum tidak hanya menjadi sumber energi, namun segudang khasiat bagi tubuh juga ada pada gandum. Normalnya, gandum mentah memiliki kandungan berbagai zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Dilansir dari Hellosehat.com, berikut 5 manfaat gandum bagi kesehatan.

1. Melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat yang tinggi dalam gandum ternyata diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Menurut penelitian dari Journal of Food Science and Technology, serat seperti gandum dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Begini, serat dalam gandum bisa membantu memadatkan feses dan melancarkan buang air besar.

Bahkan, serat juga berperan penting dalam melawan bakteri usus jahat yang dapat menyebabkan divertikulitis. Itu sebabnya, beberapa pasien dengan masalah pencernaan mungkin disarankan menjalani diet tinggi serat. Namun, pilihan diet ini akan bergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, dari Memperkuat Daya Tahan Tubuh hingga Mencegah Anemia

2. Membantu Mengendalikan Obesitas

Bagi para penyandang obesitas, gandum mungkin termasuk bahan makanan yang disarankan dokter guna mengatasi masalah kegemukan. Pasalnya, biji-bijian ini ternyata memiliki kemampuan untuk mengontrol berat badan.

Hal ini mungkin dikarenakan gandum, terutama gandum utuh, mengandung serat yang tinggi. Itu sebabnya, konsumsi makanan dengan gandum utuh membantu para penyandang obesitas untuk tetap merasa kenyang dan menurunkan berat badannya.

Meski begitu, manfaat gandum ini ternyata lebih terlihat pada wanita, terutama mereka yang sudah memasuki masa post menopause. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of nutrition.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi produk biji-bijian dalam waktu lama mengalami penurunan berat badan. Produk biji-bijian yang digunakan adalah gandum utuh, bukan yang sudah diolah.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Gandum mengandung magnesium yang diperlukan tubuh untuk mencerna asupan karbohidrat. Bahkan, kandungan dari gandum ini juga baik untuk para penyandang diabetes. Hal ini dikarenakan konsumsi makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi dapat meningkatkan fungsi hormon insulin. Alhasil, banyak ahli yang percaya bahwa magnesium dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

Namun, mereka masih membutuhkan studi lebih lanjut sebelum merekomendasikan suplemen magnesium sebagai cara mencegah diabetes.

Baca Juga: Murah dan Mudah Didapat, Ini 5 Manfaat Tempe bagi Kesehatan

4. Mencegah Pembentukan Batu Empedu

Gandum adalah salah satu sumber serat yang tidak larut. Jenis serat yang satu ini ternyata berguna dalam menurunkan sekresi asam empedu dan melancarkan pengolahan makanan. Bila asam empedu terlalu banyak, batu empedu lebih mudah terbentuk. Oleh sebab itu, konsumsi makanan berserat, seperti gandum, bisa mengurangi risiko pembentukan batu empedu.

Dilansir dari Canadian Society of Intestinal Research, konsumsi serat tidak larut juga bisa menurunkan risiko operasi kantong empedu pada wanita. Penelitian tersebut melaporkan wanita yang banyak mengonsumsi serat lebih kecil kemungkinannya untuk menjalani operasi tersebut.

Meski belum diketahui bagaimana cara kerjanya, para ahli berpendapat bahwa serat mungkin memiliki efek positif terhadap metabolisme asam empedu. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jawaban pastinya.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Kandungan gizi pada gandum bisa memberikan manfaat berupa mengurangi risiko kanker. Faktanya, gandum dapat berperan sebagai senyawa anti-karsinogenik. Biji-bijian utuh seperti gandum kaya akan fitokimia bioaktif. Senyawa ini telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara.

Tidak hanya itu, fitokimia juga dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai terapi dalam pengobatan kanker payudara. Walaupun demikian, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Hal ini bertujuan kembali meneliti apa saja khasiat fitokimia biji-bijian gandum dalam terapi kanker payudara.