Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia.

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat
Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat

MPOTIMES - Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Hipertensi tergolong penyakit kronis dan memerlukan penanganan yang tepat agar pasien dapat menjalani kehidupan yang baik. Secara khusus, mengingat kondisi ini berakibat fatal dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik.

Kontrol Hipertensi yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas hidup pasien. Obat ini juga dikonsumsi secara teratur untuk mencegah efek buruk yang fatal bagi tubuh pasien. Namun, selain minum obat, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal. Di bawah ini, ia membahas seperti apa teknik anti hipertensi non-farmakologis.

Berikut untuk mengontrol Hipertensi tanpa obat adalah:

Manajemen Berat Badan

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah untuk menguranginya ke angka normal. Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan memiliki peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi. Berolahraga dan makan makanan yang sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Ini adalah pilihan cara mengobati tekanan darah tinggi tanpa minum obat. Terus berbicara dengan dokter Anda untuk rekomendasi terbaik. Periksa juga tekanan darah Anda dan kondisi kesehatan lainnya untuk memastikan tubuh Anda sehat.

Kelola Stres dengan Baik

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Hipertensi juga bisa disebabkan oleh faktor stres. Mampu mengelola stres dapat sangat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat normal. Orang dengan tekanan darah tinggi perlu mengendalikan emosinya dan berpikir lebih nyaman agar tidak stres dalam jangka waktu yang lama.

Kurangi Konsumsi Kafein

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Minuman berkafein seperti kopi juga dapat mempengaruhi status tekanan darah. Tidak ada peningkatan signifikan dalam tekanan darah yang diamati pada mereka yang terbiasa dengan kafein. Namun, tekanan darah bisa meningkat tajam pada orang yang tidak terbiasa. Akan lebih baik jika konsumsi kafein tetap dibatasi agar tidak membahayakan tubuh.

Hindari Minum

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Minuman beralkohol juga tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi. Faktanya, sejumlah kecil alkohol diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Ini tidak terjadi jika Anda minum terlalu banyak. Faktanya, terlalu banyak alkohol dapat masuk ke tubuh Anda, yang secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Perlu juga dicatat bahwa asupan alkohol dapat mengganggu efektivitas obat antihipertensi yang Anda pakai. Jika Anda masih minum obat untuk tekanan darah tinggi secara teratur, hindari minum alkohol. Tidak masuk akal untuk minum obat, tetapi Anda masih minum alkohol. Tekanan darah tidak turun, tetapi sebenarnya bisa naik.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Padahal, setiap orang, bukan hanya penderita hipertensi, harus menghentikan kebiasaan merokok ini. Jelas bahwa merokok memiliki efek negatif pada tubuh. Tidak hanya dapat merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Perlu diingat bahwa setiap rokok yang Anda konsumsi memainkan peran utama dalam meningkatkan tekanan darah Anda. Yang terbaik adalah berhenti merokok sekarang sampai tekanan darah Anda kembali normal. Bagaimanapun, berhenti merokok dapat membuat tubuh Anda secara umum sehat.

Mengurangi Konsumsi Garam

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Pasien dengan Hipertensi sangat disarankan untuk mengurangi asupan garam makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya garam meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan bahkan stroke. Jika Anda memasak makanan sendiri, Anda bisa mengurangi atau menghindari penggunaan garam.

Jika Anda makan makanan kemasan, baca label makanan dengan cermat. Pilih makanan yang rendah garam. Hindari makanan cepat saji dan beku yang kaya garam.

Makan Makanan yang Sehat

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Mengatur pola makan yang sehat adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal yang sama berlaku untuk pasien hipertensi. Sangat penting bagi mereka untuk memiliki pola makan yang sehat. Jenis makanan yang dikonsumsi tidak sembarangan dan harus sangat diperhatikan. Kami menyarankan untuk tidak makan banyak makanan kaleng atau makanan siap saji.

Pilih makanan yang kaya potasium seperti tomat, kentang, semangka, tuna, salmon, kacang-kacangan, dan produk susu seperti yogurt. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Hindari juga makan makanan yang kaya karbohidrat seperti gula dan tepung putih.

Berolahraga Secara Teratur

Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat (Foto Dok: Istimewa)

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah. Aktivitas fisik yang teratur membantu memperkuat jantung dan meningkatkan efektivitas pompa darah. Anda dapat memilih jenis olahraga yang paling Anda sukai. Anda dapat berjalan, berenang, dan berlari secara teratur selama 30 menit sehari.

Berikut adalah Cara Mengontrol Hipertensi Tanpa Obat dijamin sehat tidak mempengaruhi penyakit lainy setelah menerapkan cara diatas ini ayo hidup lebih sehat lagi ya guyss nah jangan lupa baca artikel lainnya tentang kesehatan hanya di MPOTIMES thankyou!!!