Kebiasaan Buruk Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan melepas lelah.

Kebiasaan Buruk Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan
Kebiasaan Buruk Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan

MPOTIMES - Malam hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan melepas lelah. Namun kenyataannya, masih banyak yang melakukan aktivitas lain di malam hari.

Apa yang kita lakukan di malam hari memiliki dampak besar pada kesehatan kita, itu bisa baik atau buruk. Di bawah ini adalah uraian dari beberapa kegiatan malam hari yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. SEGERA HENTIKAN KEBIASAAN BURUK INI, YA!

Tidur Terlalu Larut

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Jika Anda tidak cukup tidur setiap Malam Hari, Anda mungkin lelah di pagi hari dan memengaruhi berat badan Anda. Sebuah studi 2011 tentang "Sleep and Obesity" di dalam Jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care Tahun 2011, menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan indeks masa tubuh dan peningkatan risiko obesitas.

Selain itu, sebuah studi dari Journal of Endocrinology and Metabolism Clinics of North America menemukan bahwa orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak kalori dan lebih mungkin mengembangkan resistensi insulin. Karena itu, tidur tepat waktu sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Tidur dengan Perut Kosong

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Kalau kalian lapar di malam hari dianjurkan makan terlebih dahulu sebelum tidur.Jika Anda tidak makan saat lapar, Anda mungkin akan makan terlalu banyak di lain waktu. Selain itu, tidak makan dapat memperlambat metabolisme Anda dari waktu ke waktu.

Ketika tidak ada makanan di dalam tubuh, tubuh mulai menyediakan energi dan lemak untuk bertahan hidup. Kelaparan merupakan indikasi bahwa gula darah Anda rendah dan tubuh Anda membutuhkan makanan untuk memenuhi nutrisinya.

Minum-Minuman Beralkohol

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Minuman beralkohol memiliki efek negatif pada kesehatan. Ini menjadi lebih buruk ketika diambil di malam hari. Alkohol mencegah Anda dari mendapatkan tidur malam yang baik.

Minum alkohol tingkat rendah memiliki dampak signifikan pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk tidur, terutama larut malam, menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism.

Selain itu, minum alkohol juga menyebabkan masalah pernapasan dan meningkatkan risiko sleep apnea. Karena itu, cobalah untuk menghindari minuman beralkohol sebelum tidur.

Penggunaan Smartphone

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Menggunakan smartphone di malam hari membuat sulit untuk tertidur. Sejumlah kecil radiasi yang dipancarkan oleh smartphone dapat secara serius mengganggu tidur, menurut sebuah studi tahun 2007 dalam jurnal PIERS Online.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa pengguna smartphone malam hari melaporkan mengalami banyak sakit kepala, sulit tidur, dan meluangkan waktu untuk mencapai tidur nyenyak dan nyenyak.

Karena itu, disarankan untuk sepenuhnya menghindari smartphone di malam hari. Selesaikan semua aktivitas yang membutuhkan penggunaan perangkat elektronik ini setidaknya satu jam sebelum tidur.

Menonton TV

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Menonton TV atau film di laptop bisa membuat ketagihan. Jika Anda melakukan aktivitas ini di malam hari atau menjelang tidur, ada baiknya Anda mengevaluasi diri dan menghentikan kebiasaan tersebut. Menurut survei 2016 oleh majalah Obesity, menatap layar meningkatkan kemungkinan Anda akan makan tanpa mengetahui apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan.

Karena itu, atur jadwal tidur yang sama setiap hari. Hindari layar televisi, laptop, dan ponsel, dan matikan lampu pada waktu yang ditentukan setiap malam untuk membuat jadwal tidur yang teratur.

Olahraga Keras Sebelum Tidur

Kebiasaan Buruk Malam Hari (Foto Dok: Istimewa)

Berolahraga selama 20 hingga 30 menit sehari bisa sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan, seperti mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Namun, berolahraga sebelum tidur adalah ide yang buruk. Ini karena tingkat energi harus turun sebelum tidur, yang dapat menyebabkan lonjakan energi. Akibatnya, bisa mengganggu tidur.

Selain itu, sebuah studi tahun 2014 oleh American Journal of Lifestyle Medicine menemukan bahwa berolahraga sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan tekanan darah.

Jadi, jangan berkeringat dengan olahraga dan tidur di tubuh Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan waktu untuk berolahraga dari pagi hingga sore hari, Anda harus bisa berolahraga setidaknya beberapa jam sebelum tidur dan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Kebiasaan malam hari memiliki dampak besar pada kesehatan fisik Anda. Nah, agar tubuh tetap sehat dan tidur nyenyak, pastikan kamu menghindari semua kebiasaan buruk yang disebutkan di atas, ya dan jangan lupa baca artikel tentang kesehatan lainnya hanya ada di MPOTIMES thankyou!!!