8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Kegiatan Rumah yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik
8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

MPOTIMES - Kesehatan mental sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Terkadang stres, kecemasan, dan konflik mengguncang kita secara mental.

Itu membuat otak terus berpikir, belum lagi pekerjaan menumpuk dan masalah keluarga terjadi bersama, dan tentu saja itu mempengaruhi kesehatan mental kita. Tapi emosi sebenarnya bisa dikendalikan. 

Berikut 7 Kegiatan Rumah yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik:

Makan-makanan Sehat

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Kegiatan Rumah pertama adalah Makan-makanan yang sehat, Ada banyak penelitian tentang hubungan antara diet kita dan kesehatan mental, termasuk bukti bahwa meningkatkan kualitas diet sebenarnya membantu mengobati depresi klinis.

Melissa Brunetti, ahli gizi yang mengkhususkan diri dalam hubungan antara diet dan suasana hati, baru-baru ini mengungkapkan formula sarapan terbaik bagi mereka yang membutuhkan dorongan. Roti gandum utuh dengan telur dan alpukat.

Makanan ini mengandung asam amino, omega-3, serat, vitamin D, dan asam lemak terpenting.

Otak kita terdiri dari 60% lemak dan perlu mendapatkan lemak dari sumber makanan. Alpukat kaya akan triptofan, yang merupakan prekursor serotonin kimia yang menyenangkan. Juga mengandung asam folat dan omega 3.

Dengarkan Lagu yang Tenang

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Musik mempengaruhi suasana hati kita saat melakukan Kegiatan Rumah. Ini disebutkan dalam banyak studi dan pengalaman kami.

Sekarang, sebuah penelitian terbaru dari British Mind Lab menemukan bahwa lagu tanpa bobot yang ditulis oleh Marconi Union dapat mengurangi kecemasan manusia hingga 65%.

Lagu ini dibuat bekerja sama dengan prosesor suara untuk memperlambat detak jantung pendengar, menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat hormon stres kortisol, sambil menggabungkan harmoni, ritme, dan baseline yang disetel khusus.

Peneliti Senior Dr. Weightlessness sangat efektif dan membuat banyak orang tertidur saat mendengarkannya, kata David Lewis Hodgson. Tidak disarankan mengemudi sambil mendengarkan lagu karena bisa berbahaya.

Melihat Sesuatu yang Menyenangkan

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Menurut para ahli, menonton film dan acara TV yang menyenangkan dapat membantu mengurangi kecemasan saat lakukan kegiatan rumah.

“Ketika kita menonton TV, kita melihat sesuatu yang membuat kita bahagia atau tertarik,” kata Richard Schuster, pembawa acara The Daily Helping Podcast for the Greatist di PsyD.

Ada banyak manfaat psikologis dan fisiologis, termasuk menghilangkan stres, ketika kita melakukan aktivitas yang memberikan kesenangan dan meningkatkan kesenangan. Menonton acara yang menyenangkan seperti komedi adalah contoh yang baik. 

Namun, perlu diingat bahwa kebiasaan menonton TV memiliki kelemahan. Menonton larut malam atau tertidur saat menonton dapat berdampak negatif pada siklus tidur dan meningkatkan stres emosional, seperti kecemasan, kata Schuster.

Baca Buku Fiksi atau Non Fiksi

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Salah satu kegiatan Rumah yang kesehatan mental yang paling bermanfaat adalah membaca buku. Secara keseluruhan, membaca buku dapat membuka wawasan Anda, meningkatkan empati, meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kemampuan bahasa Anda.

Manfaat ini berlaku untuk buku fiksi dan nonfiksi. Ada banyak pilihan jenis buku yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan tertentu, Anda dapat membaca buku berbasis fakta. Anda juga bisa membaca buku dan mengasah kemampuan bahasa asing Anda!

Membersihkan dan Menata Ulang Rumah

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Jika Anda tinggal di rumah untuk waktu yang lama, Anda mungkin bosan dengan suasana rumah Anda. Ini tidak biasa. Ini terutama benar jika Anda biasanya bepergian dengan agresif. Rumah yang kotor dan berantakan pasti mempengaruhi mood dan produktivitas penghuninya.

Kumpulkan semangat Anda untuk melakukan Kegiatan Rumah membersihkan di waktu senggang ini. Ambil sapu untuk menghilangkan debu dari lantai dan langit-langit di rumah Anda. Jangan lupa kemoceng dan kemoceng untuk menghilangkan debu dari furnitur. Periksa semua kamar tidur dan kamar mandi di rumah sebelum dibersihkan.

Setelah rumah bersih, Anda bisa menata interior rumah dengan lebih leluasa sesuai selera. Temukan referensi online untuk membantu Anda. Tentu saja, interior rumah yang bersih dan segar membawa semangat baru!

Pelajari Resep Baru

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Memasak juga merupakan contoh kegiatan rumah tangga yang positif yang bisa dilakukan siapa saja. Jika Anda mengikuti resepnya dengan cermat, hidangan yang sudah jadi pasti akan lezat.

Selain itu, memasak di rumah lebih hemat dan sehat daripada membeli makanan di restoran. Cobalah resep baru setiap hari untuk membuat memasak lebih menarik. Jika masih ada sisa makanan, masukkan ke dalam kotak tertutup, masukkan ke dalam lemari es, dan panaskan kembali saat ingin memakannya.

Berolahraga Untuk Tubuh yang Sehat

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Pelatihan tidak harus dilakukan di gym. Anda juga bisa berolahraga di rumah. Sekarang ada banyak kelas online oleh pelatih profesional untuk membantu Anda berolahraga. Anda juga dapat menonton latihan secara gratis dari YouTube di rumah.

Olahraga merupakan contoh kegiatan positif di rumah yang harus dilakukan secara rutin. Menurut Mayo Clinic, orang dewasa membutuhkan setidaknya 30 menit olahraga setiap hari. Akan lebih baik jika kita mencapai 300 menit seminggu.

Pelajari Hobi Baru

8 Kegiatan Rumah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik (Fisik Dok: Istimewa)

Setiap orang memiliki hobinya masing-masing, seperti menyanyi, menari, bersepeda, menggambar dan melakukan bercocok tanam saat kegiatan rumah. Namun, tidak jarang bosan dengan hobi. Mungkin karena pekerjaan mereka berhubungan dengan hobi. Tidak ada aturan bahwa satu orang hanya memiliki satu hobi.

Anda sekarang memiliki cukup waktu untuk menemukan hobi baru yang menyenangkan. Ada banyak pilihan tergantung keinginan Anda. Jika Anda membutuhkan hiburan yang lebih santai, Anda dapat menghubungkan atau memutar musik. Orang yang suka berpetualang bisa mencoba hobi fotografi dan pertanian.

Nah diatas adalah 8 Kegiatan Rumah yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik semoga bisa membantu pengetahuan anda dirumah saja dan jangan lupa baca artikel yang lainnya ya di MPOTIMES THANK YOU!