Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung

Pernahkah Anda merasa lebih cenderung kembung saat anda Diet? Saya makan makanan bergizi. Karena ketidaknyamanan ini, banyak orang akhirnya Kesalahan Diet.

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung
Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung

MPOTIMES - Pernahkah Anda merasa lebih cenderung kembung saat anda Diet? Saya makan makanan bergizi. Karena ketidaknyamanan ini, banyak orang akhirnya Kesalahan Diet.

Ternyata keluhan perut kembung dalam diet tidak terjadi tanpa sebab. Ada beberapa kesalahan diet yang bisa menyebabkan perut kembung.

Berikut adalah Kesalahan Diet yang jangan pernah dilakukan:

Konsumsi banyak Serat Makanan

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung (Foto Dok: Istimewa)

Kesalahan Diet pertama ini adalah Saat berdiet anda banyak orang terlalu fokus pada jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh, sehingga sangat membatasi asupan nutrisi lain seperti lemak dan protein. Padahal, makan terlalu banyak lemak bisa menyebabkan perut kembung.

Medical News Today melaporkan bahwa serat adalah jenis karbohidrat yang ditemukan dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat memiliki fungsi penting dalam mengatur kadar gula darah. Namun, asupan serat yang berlebihan dapat meningkatkan produksi gas di perut.

Menurut laporan tahun 2012 dari World Journal of Gastroenterology, diet rendah serat membantu meredakan perut kembung pada orang dengan konstipasi idiopatik (sembelit yang penyebabnya tidak diketahui).

Batasi Porsi Makan Secara Signifikan

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung (Foto Dok: Istimewa)

Kesalahan Diet yang kedua ini yaitu saat anda Diet mengurangi atau membatasi diet Anda, tetapi tidak ekstrem, terutama sampai Anda merasa lapar sepanjang hari! Hal ini justru dapat menyebabkan diet Anda tidak berfungsi dengan baik atau menyebabkan masalah kesehatan.

Pembatasan makanan yang ketat membuat sulit untuk mengontrol apa yang masuk ke dalam tubuh Anda karena tanpa disadari Anda menerapkan rezim "balas dendam" atau makan berlebihan saat waktunya makan. Nah, makan berlebihan ini akan menyebabkan perut Anda kembung.

Menurut WebMD, lebih baik makan lebih sedikit daripada makan besar tiga kali sehari (atau kurang). Cara ini tidak hanya dapat mencegah perut kembung, tetapi juga mengontrol rasa lapar dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, Anda perlu memilih jenis makanan yang kalorinya memenuhi kebutuhan nutrisi Anda

Cobalah untuk Lebih Peka Terhadap Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung (Foto Dok: Istimewa)

Salah satu Kesalahan Diet penyebabnya kembung adalah intoleransi atau hipersensitivitas terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Ini mungkin tidak benar-benar cocok dengan jenis makanan atau program diet tertentu yang sedang Anda jalani.

Seperti yang dikatakan Healthline, intoleransi makanan dan alergi dapat menyebabkan produksi gas yang berlebihan dan terperangkapnya gas di saluran pencernaan. Seringkali jenis makanan yang menyebabkan intoleransi adalah jenis makanan yang mengandung gandum atau gluten.

Oat baik untuk dimakan saat diet, tetapi bukan berarti Anda harus memaksakan diri. Cobalah untuk menemukan jumlah yang sesuai dengan perut Anda.

Makan Terburu-buru

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung (Foto Dok: Istimewa)

Pentingnya makan terlalu dini atau makan terburu-buru seringkali bisa menyebabkan Kesalahan Diet anda akan merasakan perut kembung.

Healthline mencatat bahwa kebiasaan makan ini dapat mempersulit usus Anda untuk mencerna makanan dengan benar. Selain itu, makan dengan cepat meningkatkan jumlah udara yang ditelan, yang dapat menyebabkan terperangkapnya gas di perut.

Makan perlahan dan nikmati setiap gigitan. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang. Oleh karena itu, program diet yang Anda jalani akan lebih mudah untuk diterapkan

Waspadalah Terhadap Makanan dan Minuman Bebas Gula

Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Perut Kembung (Foto Dok: Istimewa)

Banyak yang masih menganggap gula sebagai makanan terburuk. Akhirnya, mereka menggantinya dengan makanan dan minuman tanpa pemanis. Namun, tanpa disadari, saya menemukan bahwa label "bebas gula" mengandung pemanis buatan.

WebMD melaporkan bahwa Dawn Jackson Blatner RD, ahli diet terdaftar di AS dan penulis Flexitarian Diet, mengeluh perut kembung karena banyak pasiennya terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang diberi pemanis buatan.

Pemanis buatan dapat menyebabkan perut kembung karena sistem pencernaan Anda tidak dapat mencernanya dengan baik. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memilih produk yang berlabel rendah gula atau rendah gula.

Mengkonsumsi gula saat sedang diet sebenarnya tidak dilarang. Namun, batasi atau makanlah dalam jumlah sedang.

Diet bukanlah cara untuk menyiksa diri sendiri, itu adalah kehidupan yang nyaman dan aman. Jika diet Anda sering menyebabkan kembung dan mengganggu aktivitas Anda, lihat opsi lain. Ikuti program diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar lebih aman, konsultasikan dengan ahli gizi untuk merancang pola makan yang tepat dan aman sesuai dengan keadaan Anda.

Nah kalian sekarang sudah tahukan Kesalahan Diet yang biasa kalian rasakan kalau lagi diet yaitu perut kembung diatas sudah memberitahu oleh karena itu sekarang ikuti aturan diatas ya supaya kalian tetap sehat dan jangan lupa baca artikel keren dan kekinian lainnya di MPOTIMES Thank YOUU!!!