7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys!

Menu makanan berikut akan cocok untuk dimakan setelah berolahraga dan memberimu banyak manfaat

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys!
7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

MPOTIMES - Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan asupan untuk makan setelah olahraga, karena biasanya orang lalai usai berolahraga. Ketika seseorang berolahraga dan juga usai beraktivitas dan mengeluarkan keringat, orang menjadi acuh dengan makanan yang dikonsumsi.

Wajar saja, hal ini terjadi sebab orang-orang berfikir jika sudah berkeringat maka wajib menggantinya dengan asupan energi yang baru. Namun, tidak jarang kita juga berlebihan karena mengonsumsi makanan tertentu sebenarnya sangat tidak cocok apalagi dalam kondisi setelah berolahraga.

Ada makanan yang cocok untuk setelah olahraga, ada juga yang tidak seharusnya dikonsumsi. Hal ini mengingat makanan - makanan ini juga tidak semuanya baik untuk tubuh yang baru saja membuang cairan. 

Daftar makanan berikut ini, adalah makanan yang cocok untuk makan setelah olahraga dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kalian yang baru selesai workout. Dengan begitu olahragamu tidak akan terbuang sia-sia. Bisa jadi kamu malah akan semakin siap untuk melanjutkan aktivitas kembali.

Apa saja makanan yang cocok ini? Berikut selengkapnya:

1. Susu Coklat

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Minuman masa kecil favorit Kamu sebenarnya juga menjadi favorit para binaragawan setelah mereka angkat. Susu cokelat rendah lemak menjadi minuman pemulihan pasca-latihan yang bagus karena dengan cepat mengembalikan otot ke potensi puncaknya, mengisi kembali kehilangan seperti cairan, elektrolit, dan nutrisi yang hilang saat kita berkeringat.

2. Biji Chia

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Biji chia adalah sumber nutrisi dan protein yang fantastis. Kamu bisa menaburkannya mentah-mentah ke dalam smoothie, salad, dan banyak lagi. Atau jika Kamu merendamnya dalam susu almond atau air, Kamu bisa membuat puding lezat dengan beberapa buah cincang di dalamnya — tidak ada yang akan tahu bahwa itu baik untuk Kamu.

Susu coklat ini termasuk minuman yang sangat pas dan sempuran untuk mengembalikan kondisi tubuh usai berolahraga. Kamu akan mendapatkan asupan energi kembali dengan mengonsumsi minuman ini.

3. Roti Alpukat

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Alpukat dikemas dengan lemak baik untuk Kamu dan secara keseluruhan padat nutrisi. Ketika dikombinasikan dengan karbohidrat lain seperti roti gandum utuh dan beberapa telur untuk makanan yang sangat kaya namun sehat. Kamu juga bisa mencampurkan alpukat menjadi hummus, smoothie, dan apa saja karena rasanya yang serbaguna.

Roti apukat termasuk jenis makanan yang mampu menggantikan asupan energi dalam waktu cepat. Kamu hanya perlu mengonsumsinya, dan rasakan langsung rasanya saat energi sudah terisi kembali. 

4. Selai Kacang

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Juga merupakan sumber lemak yang baik, selai kacang tersedia dalam semua varietas selain kacang tanah, seperti almond dan kacang mete. Cobalah dalam mangkuk smoothie atau sandwich dengan madu dan irisan pisang. Kamu selalu dapat menggunakan PB dan J klasik, tetapi kami menyarankan untuk memotong gula olahan dalam selai dan menggunakan rute yang lebih alami.

Siapa sanka jika selai kacang juga menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk makan setelah olahraga. Asupan protein di dalamnya akan sangat bagus untukmu yang baru saja kehabisan tenaga untuk olahraga. 

Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan makanan seperti roti gandum atau tori tawar agar mendaptkan isi ulang energi kembali.

5. Salmon

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Salmon kaya akan protein dan Omega-3, menjadikannya makanan yang fantastis — terutama setelah berolahraga. Cobalah dengan tumis sayuran, atau bahkan seporsi kecil pasta. Ingatlah untuk tidak menambahkan terlalu banyak keju atau bahan-bahan yang tidak sehat.

Salmon jika dikonsumsi setelah kalian berolahraga mampu menghadirkan energi baru dalam tubuh, sehingga perasaan menjadi lebih lega dan badan menjadi bersemangat kembali

6. Ubi Jalar

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Ubi jalar mudah dicerna, dan memasok tubuh Kamu dengan karbohidrat sehat yang mereka butuhkan untuk mengisi bahan bakar setelah berolahraga. Mereka juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi lebih cepat, dan ubi jalar penuh dengan senyawa sehat. Cobalah diisi dengan sayuran dan keju, atau dipanggang dengan kentang goreng sebagai pelengkap.

7. Nasi Merah

7 Asupan Bergizi Untuk Makan Setelah Olahraga Supaya Tetap Fit Dan Berenergi Guys

Untuk porsi karbohidrat makanan Kamu, pertimbangkan biji-bijian bergizi seperti beras merah. Jika Kamu tidak menyukai rasa atau teksturnya, Kamu selalu dapat menukarnya dengan quinoa atau couscous. Nasi Kamu juga tidak perlu berwarna cokelat, tentu saja – beberapa atlet lebih suka nasi putih, karena kandungan seratnya yang lebih rendah mengurangi kemungkinan sakit perut.