Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Kendaraan dengan 4 Cara Ini

Melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan membuat tubuh Lelah khususnya karena duduk terlalu lama. Duduk dalam waktu yang lama, termasuk ketika berada di kendaraan, menyebabkan adanya tekanan berlebihan pada otot dan tulang sekitar pinggang belakang bawah. Selain itu, duduk juga cenderung membuat otot menjadi tegang karena tidak aktif bergerak.

Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Kendaraan dengan 4 Cara Ini
Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Kendaraan dengan 4 Cara Ini

Melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan membuat tubuh Lelah khususnya karena duduk terlalu lama. Duduk dalam waktu yang lama, termasuk ketika berada di kendaraan, menyebabkan adanya tekanan berlebihan pada otot dan tulang sekitar pinggang belakang bawah. Selain itu, duduk juga cenderung membuat otot menjadi tegang karena tidak aktif bergerak.

Dilansir dari Hallosehat.com, 4 cara mencegah nyeri pinggang saat duduk lama di kendaraan.

1. Jangan Lupa Minum Air

Langkah terakhir untuk mencegah nyeri pinggang bawah saat duduk lama di kendaraan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air menjadi salah satu senyawa yang dibutuhkan sel-sel tubuh agar bisa bekerja dengan normal.

Jika kebutuhan air tidak mencukupi, tubuh akan memunculkan sinyal. Salah satu sinyal itu adalah kekejangan pada otot sehingga bisa memunculkan nyeri pinggang bawah. Jadi, penuhi kebutuhan cairan kamu dengan air putih maupun jus.

Baca Juga: Atasi Nyeri Pinggang Akibat Duduk Kelamaan dengan 5 Cara Ini

2. Pastikan Tubuh Tetap Aktif

Cara mencegah nyeri pinggang saat duduk lama di dalam kendaraan selanjutnya adalah mengurangi tekanan dan kekakuan pada otot. Jadi, saat kamu duduk dalam waktu yang lama, luangkan sedikit waktu untuk bergerak.

Kamu bisa bergerak saat toilet, membeli makanan di area peristirahatan, atau sekadar berdiri sebentar setiap 15 atau 20 menit sekali.

3. Duduk Dengan Posisi yang Disarankan

Salah satu cara mencegah nyeri pinggang saat duduk lama di kendaraan atau menyetir adalah menjaga postur tubuh dengan benar. Saat duduk, postur tubuh kamu bisa membungkuk ke belakang dan ke depan atau bengkok ke kanan atau kiri. Posisi duduk yang salah inilah yang bisa nyeri pinggang kembali muncul.

Saat duduk, jaga pinggul dan lutut kamu pada sudut yang benar. Caranya, tempelkan kaki pada lantai. Jangan duduk dengan menyilangkan kaki. Bila perlu pakai bantalan di kaki supaya kaki tidak menggantung. Supaya lebih nyaman, kamu bisa menambahkan bantalan penyangga di punggung. Misalnya, selimut atau handuk kecil yang dilipat atau bantal.

Baca Juga: Cegah Asam Lambung dengan 5 Cara Ini

4. Gunakan Alat Pendukung untuk Duduk

Selain handuk atau bantal, kamu bisa menggunakan bantalan khusus untuk mencegah nyeri pinggang saat tahu hendak duduk lama dalam perjalanan atau kendaraan. Alat tersebut disebut dengan lumbar roll, yakni bantalan penyangga yang menjaga posisi duduk.

Pilihlah kursi dengan sandaran tangan. Kemudian, pasang lumbar roll di sekitar lekukan punggung di atas bokong. Letakkan tangan kamu di sandaran kursi agar tubuh tetap rileks dan duduklah posisi yang tegak. Saat kamu ingin berdiri, jangan dorong tubuh kamu ke depan. Namun, luruskan dulu kaki kamu kemudian angkat tubuh ke atas secara perlahan.