Hilangkan Cegukan Secara Alami dengan 6 Cara Ini

Cegukan pasti adalah hal yang pasti pernah dialami setiap orang. Cegukan muncul tanpa diundang, entah saat sedang makan, minum, atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas. Saat mengalami cegukan tentu rasanya tak nyaman. Namun cegukan bisa dihilangkan secara alami.

Hilangkan Cegukan Secara Alami dengan 6 Cara Ini
Hilangkan Cegukan Secara Alami dengan 6 Cara Ini

Cegukan pasti adalah hal yang pasti pernah dialami setiap orang. Cegukan muncul tanpa diundang, entah saat sedang makan, minum, atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas. Saat mengalami cegukan tentu rasanya tak nyaman. Namun cegukan bisa dihilangkan secara alami.

Dilansir dari Hellosehat.com, berikut 6 cara menghilangkan cegukan secara alami.

1. Minum Air atau Makan Makanan Tertentu

Beberapa cara di bawah juga dinilai efektif menghentikan cegukan, seperti:

  • Kumur air dingin
  • Minum air dengan posisi tubuh membungkuk
  • Menelan sesendok gula pasir
  • Teteskan sedikit cuka di mulut
  • Minum segelas air dingin dengan perlahan
  • Minum segelas air hangat tanpa berhenti hingga habis
  • Letakkan irisan lemon di lidah, lalu isap seperti permen

Baca Juga: Atasi Sakit Tenggorokan dengan 7 Cara Ini

2. Menekan Diafragma

Kamu juga bisa mencoba menghilangkan cegukan dengan cara menekan diafragma. Diafragma kamu terletak di antara perut dan dada. Cara ini dipercaya dapat membantu diafragma lebih rileks. Namun, hindari menekan terlalu keras karena bisa berdampak fatal.

3. Menutup Hidung

Menutup hidung juga menjadi salah satu cara yang lumrah digunakan untuk menghilangkan cegukan. Caranya, tutuplah hidung kamu sambil minum air putih sampai cegukan mereda.

4. Menahan Napas

Menahan napas sudah menjadi salah satu cara paling populer untuk menghilangkan cegukan. Caranya pun mudah, kamu bisa menarik napas sedalam mungkin dan menahannya selama 10-20 detik, kemudian embuskan perlahan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan teknik pernapasan tertentu. Cobalah menarik napas selama 5 detik dan mengembuskannya selama 5 detik pula. Ulangi kedua metode tersebut hingga cegukan menghilang.

5. Bernapas dengan Kantong Kertas

Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung kamu, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung kamu sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama kamu akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontraksi pun akan melemas kembali. Kamu sebaiknya tidak menggunakan kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika mengambil napas.

Baca Juga: Hilangkan Rasa Mual Saat Hamil dengan Cara Ini

6. Duduk Memeluk Lutut

Cara lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan cegukan adalah duduk memeluk lutut. Pertama, duduklah dengan posisi kaki ditekuk. Peluklah lutut kamu sambil mencondongkan badan ke depan seperti akan meringkuk.

Tahan posisi ini selama kira-kira 2 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.