Jaga Berat Badan Saat Lebaran dengan 6 Tips Ini

Hidangan lezat banyak dihidangkan saat lebaran tiba. Mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng hati, semur daging, hingga kue-kue yang dihidangkan di ruang tamu. Tidak mengherankan sajian tersebut menambah selera makan hingga lupa mengontrol berat badan. Untuk menghindari kenaikan berat badan sehabis lebaran, berikut 6 tips menjaga berat badan saat lebaran yang bisa dilakukan dilansir dari Halodoc.com.

Jaga Berat Badan Saat Lebaran dengan 6 Tips Ini
Jaga Berat Badan Saat Lebaran dengan 6 Tips Ini

Hidangan lezat banyak dihidangkan saat lebaran tiba. Mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng hati, semur daging, hingga kue-kue yang dihidangkan di ruang tamu. Tidak mengherankan sajian tersebut menambah selera makan hingga lupa mengontrol berat badan. Untuk menghindari kenaikan berat badan sehabis lebaran, berikut 6 tips menjaga berat badan saat lebaran yang bisa dilakukan dilansir dari Halodoc.com.

1. Kendalikan Porsi Makan

Kendalikan porsi makan untuk menghindari makan berlebihan saat lebaran. Ambil makanan dengan piring kecil dan makan dengan perlahan. Usahakan untuk tidak duduk terlalu dekat dengan meja makan atau tempat makanan agar kamu tidak tergoda untuk menambah porsi makan yang dihidangkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun, dari Menjaga Berat Badan hingga Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

2. Batasi Asupan Gula

Beberapa camilan dan minuman yang dihidangkan saat lebaran banyak yang mengandung gula. Misalnya kue putri salju, kue nastar, es buah, es sirup, dan lainnya. Meski rasanya lezat, kamu perlu membatasi asupan gula saat lebaran. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan, asupan gula bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes, hingga obesitas.

3. Sarapan Sebelum Berkunjung ke Rumah Saudara

Sebelum berkunjung ke rumah saudara, kamu disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Kamu bisa sarapan dengan makanan yang mengandung tinggi serat dan rendah kalori, seperti buah-buahan, oatmeal, atau roti gandum. Dengan begitu, kamu akan kenyang lebih lama sehingga tidak akan makan berlebihan saat berkunjung ke rumah saudara.

4. Atur Pola Makan

Setelah satu bulan berpuasa, sebaiknya biarkan tubuh untuk beradaptasi dengan jadwal makan yang normal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Misalnya, hindari makan malam di atas jam enam dan perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang.

Baca Juga: Bantu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa dengan 9 Cara Ini

5. Rutin Berolahraga

Meski sedang libur panjang, jangan lupa untuk berolahraga, ya. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau olahraga ringan lainnya selama 15 menit. Sebaiknya, lakukan secara rutin agar berat badan kamu bisa kembali seperti semula.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Air Putih

Di sela-sela nyemil kue lebaran dan makan ketupat, lengkapi juga dengan mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah yang kamu sukai dan konsumsilah di pagi hari sebelum makan. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, setidaknya delapan gelas per hari. Sebab, air putih bisa membantu mengenyangkan perut dan melarutkan lemak yang membandel.