Lakukan Hal Ini Untuk Tidak Mudah Lelah dan Menjaga Stamina Tubuh

Aktivitas sehari-hari tentu akan terganggu dan tidak bisa berjalan maksimal saat rasa lelah muncul. Maka dari itu, menjaga stamina tubuh supaya tidak mudah lelah sangat penting. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 cara agar tidak mudah lelah dan menjaga stamina tubuh.

Lakukan Hal Ini Untuk Tidak Mudah Lelah dan Menjaga Stamina Tubuh
Lakukan Hal Ini Untuk Tidak Mudah Lelah dan Menjaga Stamina Tubuh

Ketika stamina tubuh sedang lemah, rasa lelah tentu akan muncul. Rasa Lelah bahkan bisa muncul kapan saja. Pada saat tubuh kekurangan energi, baik secara fisik ataupun emosional maka rasa lelah pun akan hadir. Tubuh akan jadi mudah Lelah saat kita melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, pola makan yang kurang baik, waktu istirahat yang kurang, serta gaya hidup yang tidak sehat.

Aktivitas sehari-hari tentu akan terganggu dan tidak bisa berjalan maksimal saat rasa lelah muncul. Maka dari itu, menjaga stamina tubuh supaya tidak mudah lelah sangat penting. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 cara agar tidak mudah lelah dan menjaga stamina tubuh.

1. Mencukupi Waktu Tidur

Perlu diketahui bahwa tidur merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali energi setelah melakukan aktivitas yang melelahkan seharian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan tidur minimal 7 – 8 jam setiap malam supaya tubuh tidak mudah merasa lelah. Jika merasa lelah pada siang hari, cobalah untuk tidur siang sebentar saja, yaitu selama 20 – 30 menit. Hal ini bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga, sehingga bisa meningkatkan produktivitas harian kamu.

Baca Juga: Pola Tidur Berantakan? 5 Cara Ini Bisa Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Lebih Baik

2. Malukan Olahraga dengan Rutin

Peran olahraga sangat penting untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi metabolisme, membuat tidur lebih nyenyak di malam hari, sekaligus bisa memperbaiki suasana hati. Dengan manfaat tersebut, maka tubuh akan terasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Olahraga yang dilakukan tidak harus selalu melibatkan aktivitas fisik yang berat. Kamu bisa memulainya dengan melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki selama 15 – 20 menit. Selain itu, jenis olahraga rigan lain seperti aerobik, jogging, dan yoga juga bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Perlu diketahui bahwa makanan merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh. Kamu harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin.

Beberapa jenis makanan bernutrisi yang baik untuk menambah energi dan menjaga stamina adalah kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, susu dan olahannya, sayuran, telur, daging tanpa lemak, ikan, dll. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tersebut, maka kamu akan merasa lebih berenergi dan tidak mudah lelah karena stamina terjaga.

4. Menghindari Minuman Beralkohol

Terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan stamina tubuh menurun, sehingga tubuh jadi lebih cepat merasa lelah. Pasalnya, alkohol bisa menyebabkan kinerja orak serta fungsi hati terganggu. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami gangguan tidur.

Meskipun minum alkohol biasanya akan membuat seseorang lebih cepat terlelap, namun akan ada efek negatif yang dirasakan. Mulai dari pusing, sakit kepala, serta kurang bertenaga keesokan harinya. Akibatnya, aktivitas esok hari menjadi terganggu karena tubuh lebih mudah merasa lelah.

Baca Juga: Sudah Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

5. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan tubuh seseorang lebih mudah lelah dan tidak bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, air memegang peran penting untuk memastikan bahwa seluruh organ tubuh bekerja dan berfungsi dengan baik.

Tanpa adanya cairan yang cukup di dalam tubuh, maka aktivitas seluruh organ di dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya, stamina tubuh menurun dan menyebabkan tubuh cepat lelah. Selain minum air putih, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dengan mengonsumsi sumber air lain, seperti jus buah segar, infused water, teh, dll.

Nah, itulah cara menjaga dan meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah lelah. Selain lima hal di atas, stamina tubuh juga bisa dijaga dengan mengelola stres. Pasalnya, rasa stres yang berlebih bisa menyebabkan susah tidur, kuang berenergi, dan daya tahan tubuh menurun. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, seperti menonton film, bermain musik, yoga, dan aktivitas menyenangkan lain yang bisa mengurangi stres.