Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Banyak manfaat dan terbukti sangat menyehatkan untuk tubuh kita

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh
Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

MPOTIMES - Saat membicarakan seputar makanan mengandung prebiotik yang sangat baik bagi tubuh, kita akan menemukan berbagai hal yang sangat menarik. Karena ada banyak sekali sumber makanan yang mengandung zat ini. Semuanya ada di sekitar kita.

Jika kita mau menggali informasi yang lebih dalam terkait dengan zat prebiotik ini sebenarnya ada banyak sekali fakta dan hal yang sangat menarik. Selain bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan nyatanya mampu juga meningkatkan sistem pencernaan.

Banyak yang belum bisa menyadari perihal ini dan ternyata banyak juga yang belum tercerahkan dengan fungsi dan manfaat dari zat prebiotik ini. Peran dari zat ini sendiri adalah untuk menambah jumlah bakteri baik terutama dalam sistem pencernaan. 

Nmaun dengan zat prebiotik maka fungsinya adalah memberi makanan berupa serat dan meningkatkan pencernaan. Dengan demikian tubuh menjadi lebih sehat karena memiliki sistem pencernaan yang lebih bagus. 

Ada banyak sekali makanan sekaligus sebagai sumber prebiotik ini dan alami tentunya yang bisa kalian dapatkan karena ada di sekitar kita. Apa saja? Ini dia:

1. Pisang Hijau - Pisang Belum Matang

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Dikutip dariberbagai sumber, pisang masih yang hijau atau memang belum masak bisa menambah kesehatan pencernaan. Ya, pisang merupakan sumber prebiotik yang baik sekali. Kandungan karbohidrat yang tidak bisa dijabarkan oleh enzim usus bisa berperan selaku makanan untuk bakteri baik di usus.

Zat yang tidak bisa dijabarkan itu merupakan FOS, serangkaian molekul fruktosa yang memberinya gizi di bakteri Bifidobacteria di usus. Gak cuma itu, di saat pisang masih hijau, peranannya merupakan menjadi sumber pati resistan (wujud lain dari prebiotik).

Sebuah study dalam jurnal di AS mendapatkan kalau wanita yang mengkonsumsinya kedua kalinya satu hari selaku snack sebelumnya makan waktu 60 hari mengenyam kenaikan takaran bakteri baik di ususnya, dan pengurangan permasalahan perut kembung sampai 50 prosen.

2. Apel

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Meski bukan sumber prebiotik, akan tetapi apel masuk ke daftar ini sebab mempunyai kandungan pektin. Pektin merupakan serat buah alami yang diketemukan dalam kulit apel, yang menurut kajian dalam jurnal Anaerobe. Zat ini bisa menyuport perkembangan bakteri memberikan keuntungan (Bifidobacteria dan Lactobacillus).

Apel bisa pula menolong membuat kesehatan usus yang lebih bagus lantaran kandungan inulin dan FOS didalamnya. Gak lupa, kandungan antioksidannya dapat turunkan cholesterol dan buat perlindungan badan kita dari problem sindrom metabolik, penyakit jantung koroner, dan penyakit kardiovaskular.

3. Kakao

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Biji kakao sebetulnya merupakan biji dari pohon kakao yang umum dipakai untuk bikin cokelat. Pastilah ada kabar baik untuk pencinta cokelat, sebab makanan yang berikut adalah sumber prebiotik yang bagus.

Menurut sebuah kajian dalam jurnal Nutrients tahun 2020, zat polifenol di kakao demikian sampai usus bakal berhubungan secara dua arah dengan mikrobiota usus. Senyawa ini bisa memodulasi konstruksi mikrobiota usus yang memakai sistem prebiotik.

Zat ini menambah perkembangan bakteri usus yang memberikan keuntungan, seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium, sekalian kurangi jumlah bakteri, seperti Clostridium perfringens.Di lain bagian, metabolit kakao bioaktif bisa menambah kesehatan usus, tunjukkan rutinitas antiinflamasi, secara positif pengaruhi kekebalan badan, dan kurangi resiko bermacam penyakit. 

4. Bawang Bombai

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Bawang bombai adalah type sayur serbaguna yang mempunyai beberapa faedah kesehatan. Berdasarkan dalam jurnal Carbohydrate Polymers tahun 2015, bawang bombai dikenali kaya zat inulin dan fructo-oligosaccharides (FOS).

Berdasarkan sebuah studi yang lain dalam Current Developments Nutrition tahun 2019, ada banyak faedah dari FOS yang terkandung pada sebuah bawang bombai. Salah satunya yaitu menguatkan flora dalam usus, menolong perpecahan lemak, dan menambah prosedur ketahanan tubuh dengan menambah produksi oksida nitrat dalam sel.

5. Bawang Putih

Makanan Mengandung Prebiotik Yang Baik Untuk Tubuh

Bawang putih dikenali jadi makanan yang mempunyai zat antiinflamasi. Di lain sisi, makanan yang satu berikut mempunyai kandungan prebiotik. Menurut sebuah kajian yang diedarkan dalam sebuah jurnal dari penelitian di AS tahun 2013, juga berpendapat demikian.

Zat-zat prebiotik pada bawang putih ditemui dapat menggairahkan perkembangan Bifidobacteria yang memberikan keuntungan dari mikroflora tinja manusia. Terkecuali itu, bawang putih berfaedah dalam menghindari beberapa penyakit gastrointestinal.