Pola Tidur Berantakan? 5 Cara Ini Bisa Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Lebih Baik

Jika pola tidur kamu buruk, cara di bawah ini perlu kamu ketahui untuk memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah 5 cara memperbaiki pola tidur yang berantakan agar lebih baik.

Pola Tidur Berantakan? 5 Cara Ini Bisa Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Lebih Baik
Pola Tidur Berantakan? 5 Cara Ini Bisa Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Lebih Baik

Untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal selain dengan rutin berolahraga, menjaga tidur tetap dalam kualitas yang baik juga merupakan kunci. Kesehatan tubuh juga akan menurun jika pola tidur yang berantakan.

Pola tidur atau kebiasaan dalam hal tidur, sangat memengaruhi jam biologis, yakni yang mengatur kita terjaga dan tidur selama 24 jam. Perubahan pada pola tidur ini biasanya terjadi karena Anda terjaga lebih lama di malam hari atau begadang.

Jika pola tidur kamu buruk, cara di bawah ini perlu kamu ketahui untuk memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah 5 cara memperbaiki pola tidur yang berantakan agar lebih baik.

Baca Juga: Punya Masalah Dengan Perut Buncit? 8 Cara Alami Ini Bisa Ampuh

1. Hindari Memencet Tombol Snooze Alarm

Untuk memperbaiki pola tidur yang buruk jadi lebih baik, hindari memencet tombol snooze alarm pada pagi hari. Karena, memencet tombol snooze alarm kamu bisa menambah waktu tidur pada pagi hari. Akibatnya, rutinitas bangun tidur kamu akan mengalami perubahan kembali.

Dengan kata lain, siklus terjaga akan berubah dan seiring dengan berjalannya waktu dapat terjadi pergeseran waktu tidur. Jika kamu sedang mengusahakan perbaikan waktu tidur jadi lebih baik, bangunlah sesuai dengan rencana yang kamu buat.

2. Atur Pencahayaan Kamar

Jam biologis tubuh mudah terpengaruh oleh stimulus cahaya. Jika kamu ingin memperbaiki pola tidur yang buruk jadi lebih baik, cobalah kurangi paparan cahaya pada malam hari yang berasal dari lampu maupun monitor komputer.

Pada pagi hari, buatlah kamar kamu terisi dengan cahaya baik cahaya matahari maupun cahaya lampu. Kamar yang terang akan memudahkan seseorang untuk terbangun.

3. Lakukan Aktivitas yang Rileks di Malam Hari

Kesulitan tertidur pada malam hari biasanya dipengaruhi stress dan terlalu banyak pikiran akibat brainstorming sebelum tidur. Jika hal ini terjadi, bangunlah dari tempat tidur.

Lakukan aktivitas yang membuat kamu rileks. Utamakanlah untuk pikiran dan tubuh kamu untuk rileks terlebih dahulu sebelum kamu mencoba untuk tertidur. Kamu bisa merelaksasikan tubuh dan otak dengan menerapkan meditasi atau latihan pernapasan.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Mencegah TBC Secara Alami

4. Buatlah Rutinitas Tidur

Kebiasaan tidur yang normal adalah dapat tidur sekitar 7-8 jam di malam hari. Namun, pada beberapa orang, durasi tidur tersebut tidak terpenuhi dengan baik. Jika kamu tidur kurang dari durasi tersebut, cobalah untuk membentuk rutinitas tidur yang baik agar pola tidur kamu juga jadi lebih baik.

Atur jam tidur dan bangun kamu selalu sama setiap harinya, sekalipun itu di hari libur. Lakukanlah ini dengan bertahap, yakni dengan tidur lebih awal dan bangun pada pagi hari, 5 hingga 15 menit lebih awal, sampai kamu terbiasa dengan waktu untuk terbangun tersebut.

5. Tidur Siang

Terlalu lama tidur siang bisa jadi penyebab kamu susah tidur malam harinya. Akibatnya, jam tidur berubah dan pola tidur jadi memburuk jika kebiasaan tersebut tetap kamu lakukan. Oleh karena itu, untuk mengembalikan pola tidur jadi lebih baik, patuhi aturan tidur siang.

Usahakan untuk tidur siang selama 20 menit saja atau tidak lebih dari satu jam, dan lakukan pada sore hari, yakni setelah pukul 3 sore. Kemudian, jangan tidur siang setelah kamu makan.

Itulah 5 cara memperbaiki pola tidur yang berantakan agar lebih baik.