Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian 

Dahulu, kedai kopi kekinian dapat dihitung menggunakan jari. Saat ini ada banyak gerai kopi kekinian yang membuka bisnis waralaba. Potensi pasar yang besar dalam bisnis kopi ini, membuat waralaba bisnis kopi semakin menjamur.

Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian 
Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian 

MPOTIMES - Dahulu, gerai kopi dapat dihitung menggunakan jari. Saat ini ada banyak gerai kopi kekinian yang membuka bisnis waralaba. Potensi pasar yang besar dalam bisnis kopi ini, membuat waralaba bisnis kopi semakin menjamur.

Sebut saja Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Fore Coffee, Kopi Kulo, Kopi Tuku, Kopi Soe, Kopi Cuan, Sagaleh, sampai Filosofi Kopi ialah beberapa merk es kopi susu kekinian yang bertebaran di berbagai kota besar Indonesia.

Pangsa pasarnya siapa lagi jika bukan anak-anak muda yang suka ngopi. Sejak adanya ojek online, tinggal order via aplikasi, bayar, es kopi kekinian siap melaju ke tempatmu.

Berbeda jika ingin nongkrong, datang langsung ke kedai kopi dengan berbagai design interior menarik, santai sambil menikmati es kopi susu kekinian adalah pilihan tepat.

Bisni kedai kopi kekinian memang tengah populer. Penjualan kian ramai, seperti kacang goreng. Terutama bila mulai berkembang, harus siap-siap kebanjiran tawaran dari investor.

Salah satu contoh Kopi Kenangan, retail minuman kopi asli Indonesia ini mendapatkan tambahan modal dari perusahaan modal ventura, Sequoi India. Nilainya USD20 juta atau sekitaran Rp280 miliar (kurs Rp14.000 per USD).

Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian 

Disamping itu, Fore Coffee yang mengantongi USD 8,5 juta atau sama dengan Rp119 miliar dari 5 perusahaan modal ventura membuat bisnis kopi kekinian makin dilirik banyak orang.

Bisnis es kopi susu kekinian kini menawarkan ide kerja sama atau waralaba dengan modal berbagai tingkatan, mulai dari jutaan sampai beberapa ratus juta rupiah.

Ingin coba bisnis waralaba kopi kekinian? Baiknya anda baca dahulu artikel di bawah ini, bisa jadi tambahan informasi untuk anda.

Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian (foto; belanjadapur.com)

Banyak pebisnis yang buka usaha franchise kopi susul ketenaran minuman mengandung kafein yang ini.

Jika Anda masih bimbang untuk mengawali sebuah bisnis, coba untuk pahami lebih dalam mengenai kesempatan bisnis kedai kopi kekinian dengan mekanisme waralaba.

Usaha kopi mulai terkenal akhir-akhir ini diprediksikan terus akan bertambah di beberapa tahun kedepan. Hal ini diikuti dengan timbulnya beragam jenis merek yang menawarkan produk es kopi susu kekinian.

Masing-masing merek menawarkan ide yang bervariasi dengan rasa kopi yang beragam. Bisnia ini berkembang cepat karena kian hari makin banyak yang menyukai es kopi susu, terutama es kopi susu gula aren.

Bisnis kedai kopi kekinian mempunyai kesempatan yang paling prospektif. Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dari bisnis kedai kopi.

Ditambah dengan mekanisme waralaba Anda tidak perlu lakukan branding ulang untuk membangun mereknya

Nah berikut ini beberapa rekomendasi bisnis waralaba kedai kopi kekinian yang mungkin bisa anda pertimbangankan dalam memulai bisnis. Simak ulasannya!

Daftar Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian 

Daftar Waralaba Bisnis Kedai Kopi Kekinian

1. Cetroo Coffee

Waralaba kopi cetroo coffee telah menyebar di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Denpasar, dan Balikpapan. Merek ini tawarkan kopi susu, kopi boba, dan kopi brown sugar yang dibungkus secara kekinian.

Sasaran pasar Cetroo Coffee ialah anak muda umur belasan sampai 30-an tahun. Untuk memulai waralaba Cetroo Coffee, Anda harus mempersiapkan modal minimum 60 juta rupiah.

Modal minimum yang diperlukan itu bisa juga disebutkan lebih murah dibanding dengan franchise minuman kopi terkenal yang lain.

2. Kopi Janji Jiwa

Janji jiwa punyai ide yang serupa dengan Cetroo Coffee. Warung kopi modern yang ini telah menyebar di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan juga jadi warung kopi yang perkembangannya tercepat.

Tidak cuman minuman, Janji Jiwa tawarkan menu roti panggang. Tetapi menu ini belum ada di semua toko.

3. Kopi Kulo

Warung kopi kulo ada yang memiliki konsep restaurant, cafe, dan ada pula yang idenya seperti kios. Hal yang memicu ketidaksamaan ini ialah jumlah modal.

Kios memerlukan modal sedikitnya antara 3 tipe ide itu. Untuk buka usaha waralaba kopi Kulo, Sebaiknya anda mempersiapkan modal sejumlah 140 juta rupiah.

4. Kopi Yor

Berlainan dengan beberapa merek yang telah disebut, Kopi Yor memadukan kopi dengan kelapa kopyor.  Kopi Yor sanggup memancing ketertarikan warga karena tawarkan harga yang tambah murah dibanding kompetitornya.

Tidak cuman harga produk yang tambah murah, modal untuk waralaba kopi modern ini tambah murah. Anda cukup mempersiapkan modal sebesar 90 juta saja.

5. Haus!

Haus! tidak cuman tawarkan produk kopi modern tetapi juga ada produk lain seperti thai tea, cheese tea, dan minuman yakult dengan beragam jenis rasa.

Daya magnet haus ialah harga yang paling dapat dijangkau, dimulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Anda perlu mempersiapkan dana minimal Rp 120.000.000 untuk memulai investasi paket waralaba di Haus!

6. Coffee Toffee

Usaha franchise kopi setelah itu Coffee toffee yang mengangkat ide warung kopi kekinian. Tidak cuman menyuguhkan kopi, warung ini menyuguhkan bermacam makanan seperti pasta dan toast.

Misi pendiri coffee toffee ialah mengenalkan kopi Indonesia di dunia. Bila Anda mempunyai misi yang serupa, coba untuk melakukan investasi pada Coffee Toffee dengan mempersiapkan modal minimal Rp 150.000.000.

7. Co.Choc

Co.choc sebagai merek minuman modern yang semakin banyak memadukan cokelat pada menu yang dihidangkan. Ada pula opsi menu boba, ikuti trend minuman yang berkembang akhir-akhir ini.

Modal yang dibutuhkan untuk mengawali usaha waralaba Co.Choc ialah dimulai dari 95 juta rupiah. Sedang harga minumannya di antara 8 ribu sampai 20 ribu rupiah.

8. Segede Gaban

Sesuai namanya, Segede Gaban mengangkat ide serba besar untuk minuman dan makanan yang dihidangkan. Ide ini menarik karena sedikit merek yang berani mendatangkan ide semacam.

Salah satunya produk yang terkenal dari Segede Gaban yakni Brown Sugar Coffe dalam paket 2,2 ltr.

9. BHUMI Coffee

Merek kopi modern yang ini sediakan opsi dua tipe warung, yakni Bhumi Coffe dan Bhumi Kilat. Bhumi Coffee mempunyai ide cafe yang memungkinkannya pengunjungnya nikmati kopi secara dine in. Sedang Kopi Kilat cuman sediakan opsi take away.

Bhumi Coffee buka kesempatan untuk waralaba dengan nilai investasi minimum 85 juta rupiah.

10. Foresthree Coffee

Foresthree coffee memprioritaskan produk yang dari bahan fresh. Ada juga produk sebagai unggulan merek yang ini diantaranya kopi dan teh yang digabungkan dengan buah.

Sasaran pasar Foresthree Coffee ialah remaja dan anak muda umur belasan sampai 30-an. Oleh karenanya, tempat paling bagus untuk buka warung Foresthree ialah disekitaran universitas atau teritori perkantoran.

11. Daya tarik Coffee

Selainnya memprioritaskan rasa, daya tarik coffe memprioritaskan visual. Dimulai dari design booth, design cup, pokoknya instagramable.

Untuk menunya sendiri, Daya tarik Coffe cukup unik ada coffee milk, pandan coffee, lemon coffee sampai soy coffee juga ada.

Meskipun sasaran usaha franchise kopi ini anak muda, tetapi usaha franchise pas sebagai gagasan usaha untuk pensiunan.

Kemungkinan banyak pensiunan yang masih bimbang ke mana melakukan investasi, tetapi ingat melakukan investasi dalam franchise jangan cuman ya, meskipun investor Anda harus juga berpikiran bagaimana usaha akan jalan nanti.

Baca Juga : 7 Ragam Olahan Teh Yang Nikmat Banget

Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian (foto; www.kaffeetechnik-shop.de)

Panduan Meningkatkan Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian

1. Membuat Ide Usaha

Saat sebelum Anda meningkatkan warung kopi, seharusnya aturlah ide usaha dengan masak. Ide usaha berikut yang bakal membuat beberapa investor tertarik . Maka, Anda harus membuatnya secara baik.

Seharusnya Anda bangun ide yang unik dan anti mainstream. Tidak boleh memakai konsep-konsep yang telah ada.

2. Lakukan Pengkajian Bisnis 

Pengkajian pada usaha harus dilaksanakan dalam meningkatkan usaha waralaba kopi. Pertimbangkan besarnya modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang didapat oleh investor.

Kalkulasi saat yang dibutuhkan sampai modal dapat kembali ke investor. Makin cepat saat yang dibutuhkan untuk putaran modal, usaha Anda akan makin memikat di mata investor.

Anda bisa juga baca artikel panduan mengurus keuangan usaha kecil supaya mempunyai deskripsi dalam mengurus keuangan usaha anda.

3. Mempunyai SOP yang Berkualitas

Usaha waralaba harus mempunyai satu SOP yang serupa. Maksudnya untuk tentukan standard servis dan standard produk yang serupa pada tiap gerai.

SOP yang diartikan dalam usaha kopi waralaba terkait dengan penyeleksian bahan baku, langkah penyimpanan, penyuguhan, dan servis pada konsumen setia.

4. Mendaftar Merk

Merk atau merek penting dalam sebuah usaha, khususnya usaha kopi. Orang akan ingat warung Anda dari namanya. Oleh karenanya, bikinlah merk yang unik dan gampang dikenang.

Hati-hatilah akan peluang plagiarisme nama usaha. Untuk menahan hal itu terjadi, seharusnya Anda mendaftar merk dagang ke Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan atau DJKI).

5. Membuat Management Professional

Sebuah usaha yang sukses dengan diawali management yang bagus. Management yang bagus cuman dapat dilaksanakan oleh professional. Yakinkan jika usaha Anda diatur oleh SDM yang professional dan pakar di bagiannya.

Dalam membuat management yang professional untuk usaha kopi, bukan hanya memerhatikan kualitas produk yang dipasarkan.

Tapi anda harus juga memerhatikan aliran kas dari franchise kopi yang digerakkan. Oleh karenanya pendataan keuangan tentu saja benar-benar diperlukan.

Nah itu tadi Rekomendasi Bisnis Waralaba Kedai Kopi Kekinian yang bisa anda coba. Tapi ingat, anda harus juga mempertimbangkan berbagai faktor lain sebelum memulai bisnis waralaba ini ya. Anda juga harus pandai membaca pasar dan peluang di sekitar anda. Selamat mencoba!