Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik, Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih!

Banyak orang lupa kalau jam tidur yang baik adalah kunci tubuh yang sehat

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik, Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih!
Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

MPOTIMES - Sudahkah kamu mendapatkan jam tidur yang baik? Tentu saja pertanyaan ini haraus kamu tanyakan pada diri sendiri. Apakah kamu termasuk golongan orang yang jam tidurnya sering molor, tepat waktu, atau justru berantakan? 

Banyak sekali orang yang tidak menyadari jika jam tidur yang baik adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan selalu fit sepanjang waktu. Sayangnya, tidak banyak yang mampu menyadari hal ini. Bahkan banyak yang melewatkan, karena dirasa tidak terlalu penting.

Kemudian ada beberapa tips dan langkah yang seharusnya diperhatikan terkait dengan hal ini. Tips berikut ini mungkin bisa saja kamu coba, karena beberapa ahli bahkan menyarankan untuk melakukan tips ini agar mendapatkan jam tidur yang baik.

Simak sampai habis ya, jangan sampai dilewatkan!

1. Jadikan Jam Tidur Tetap Teratur

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan coba setel alarm untuk waktu yang sama setiap pagi. Segera, jam alami Kamu akan mulai muncul dengan sendirinya. Tidur dengan jadwal yang tidak teratur atau begadang setiap malam hanya akan membuat jadwal tidur Kamu semakin kacau.


2. Kurangi Kebiasaan Makan Snack Sebelum Tidur

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Sangat mudah bagi banyak dari kita untuk pesta larut malam, terutama ketika maraton Netflix yang membuat ketagihan sedang berlangsung. Alih-alih camilan berminyak dan makanan berat atau pedas, yang dapat membangunkan Kamu dan menyebabkan gangguan pencernaan yang parah.

Tetaplah pada camilan ringan, dan makanan yang mengisi Kamu dengan sayuran dan nutrisi daripada karbohidrat atau bahan olahan.


3. Rutin Olahraga di Pagi Hari

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Bagi banyak orang, ini adalah preferensi untuk berolahraga di malam hari. Tetapi melakukan ini dapat membuat detak jantung Kamu meningkat dan memberi kalian energi, daripada membuat kalian lelah untuk tidur malam yang nyenyak.

Tubuh kalian membutuhkan waktu untuk lelah secara alami, jadi jangan aktifkan di PM! Sebaliknya, tetap berpegang pada pagi dan sore hari, jika memungkinkan.


4. Detoksifikasi Digital Secara Rutin

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Menggunakan ponsel dan komputer kita terlalu larut malam sebenarnya dapat memberi sinyal ke pikiran kita bahwa itu siang hari di luar, bahkan jika itu tengah malam. Bahkan mencegah produksi melatonin. Itu sebabnya banyak pro menyarankan untuk meninggalkan ponsel kalian di luar kamar tidur.

Atau menghentikan penggunaan satu jam sebelum tidur. Cobalah white noise atau musik instrumental yang menenangkan jika kalian terbiasa tidur dengan televisi menyala. Ini akan melakukan keajaiban untuk siklus REM kamu.

5. Kamar Tidur Hanya Untuk Tidur

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Kita semua bersalah karena sesekali mengirim pesan atau menggulir feed kita di tempat tidur. Mengubah tempat tidur menjadi kantor di rumah, pusat panggilan, atau area belajar kamu semudah itu. Ini mungkin terasa nyaman saat ini, tetapi stres dari aktivitas tersebut akan tetap ada.

Bisa juga ketika kamu mencoba menjernihkan pikiran dan tidur. Pertahankan kamar tidur kamu hanya untuk tidur dan pikiran-pikiran yang gelisah dan berkecamuk itu akan menenangkan diri.


6. Jangan Tidur Siang

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Ketika kamu tidak cukup tidur di malam hari, kamu mungkin tergoda untuk melakukan power nap dan meremajakan diri kamu. Tapi kemudian kamu hanya berpartisipasi dalam lingkaran setan.

Cobalah untuk menahan keinginan untuk tidur siang, dan kamu akan menemukan bahwa mata kamu mulai terkulai di kemudian hari. Yang merupakan awal dari perbaikan jadwal tidur kamu secara perlahan, bisa dilakukan dengan metode ini.


7. Latihan Pernapasan dan Pose Yoga

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Jika kamu menyukai sedikit aktivitas sebelum tidur, lewati latihan kardio dan pilih beberapa peregangan sebagai gantinya. Ada banyak bentuk yoga pasif yang memungkinkan kamu melakukan peregangan dan meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

Ketika kamu membuka napas dengan benar, ini dapat membantu kamu mengendurkan otot dan bertindak sebagai bentuk pijat diri. Siapa yang tidak ingin menggosok sebelum tidur?

8. Turunkan Termostat

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Jika kamu biasanya tidur di ruangan yang hangat atau dengan selimut yang sangat tebal, itu bisa mencegah kamu terkena Zzz itu. Menurut sains, 68 derajat Fahrenheit optimal untuk menidurkan tubuh kita.

Dingin membuat kamu secara alami sedikit lelah karena ketika malam semakin dingin, tubuh kita menerimanya sebagai sinyal untuk memperlambat dan tertidur dengan mudah.


9. Kenakan Penyumbat Telinga Atau Simulasikan White Noise

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Tidur dalam keadaan hening sebenarnya bisa terasa tak tertahankan bagi sebagian orang. Tetapi daripada menonton TV yang bising, kamu dapat menggunakan berbagai perangkat alami untuk white noise.

Humidifier, AC, kipas angin, atau bahkan pembersih udara kamu, dapat menghasilkan jumlah kebisingan yang menyenangkan. Ini juga berfungsi jika kamu tinggal di daerah perkotaan yang bising yang mencegah kamu tertidur.


10. Dengan Bimbingan Dokter, Telusuri Seputar Melatonin Atau CBD

Tips Mendapatkan Jam Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Coba Nih

Pil tidur bisa terasa seperti keputusan drastis, tetapi tidur secara alami dipromosikan oleh melatonin dan CBD. Keduanya dapat (jarang) memiliki beberapa efek samping bagi pengguna, jadi kami selalu menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tetapi jika kamu ingin menempuh rute alami, pertimbangkan dua pekerja mukjizat ini. Ingatlah untuk memberi tahu dokter kamu tentang obat apa pun yang mungkin kamu gunakan, yang dapat mengganggu melatonin.